Wednesday 6 April 2011

LOYALITAS ORGANISASI

LOYALITAS ORGANISASI
Ditinjau dari segi agama Islam Loyalitas adalah Iman untuk berjihad dalam menegakkan prinsip kebenaran.Jihad berarti siap berkorban dalam mempertahankan Prinsip kebenaran,Keluarga,Golongan & Agama.Jihad harus di kotakkan dalam beberapa hal diantaranya :
1. jihad melawan hawa nafsu yaitu memperbaiki tingkah laku dan ucapan.
2. Jihad memberikan peringatan kepada orang lain yang dianggap salah
3. Jihad dengan hijrah. Hijrah bermakna 2 hal yaitu :
a. Hijrah diri Pribadi yaitu dengan meninggalkan kelakuan-kelakuan yang melanggar aturan / penuh dosa
b. hijrah meninggalkan tempat / wilayah yang dianggap akan merugikan Pribadi/golongan
4. Jihad mengangkat senjata .Kata rasulullah Hal ini dilakukan jika sudah tidak ada lagi cara lain & tindakan orang tersebut betul-betul sudah tidak bisa di tolerir.

Ditinjau dari segi Bahasa maka Loyalitas
Loyalitas berasal dari kata Loyal = Setia,taat/Patuh
Loyalis = Pengikut/pendukung yang setia,taat/patuh
Loyalitas adalah = Kesetiaan,Ketaatan/Kepatuhan
Organisasi adalah = Tempat/wadah berkumpulnya minimal dua orang keatas untuk mencapai maksud & tujuan yang sama.

Rata – rata garis besar dari suatu Organisasi mendahulukan kepentingan orang banyak/kelangsungan Organisasi dari pada kepentingan individu/perorangan,hal ini sering menjadi polemik jika individu tidak tahu/tidak menempatkan diri demi Cita-Cita bersama.Organisasi sebagai tempat berkumpul,menyatukan pendapat,saling mempelajari pribadi satu sama lain,memecahkan masalah dsb kebanyakan pecah gara-gara kepentingan/keinginan pribadi/minoritas yang dipaksakan hingga perbedaan pendapat membuat anggotanya tidak berbicara lagi tentang cita-cita/kelangsungan Organisasi.Hal ini bias diredam jika Para anggota Organisasi mempunyai Loyalitas terhadap Organisasinya.
Loyalitas Organisasi adalah membina Persatuan & kesatuan antar anggota dengan angota,anggota dengan pengurus lewat Kepatuhan,ketaatan dan kesetiaan pada aturan Organisasi demi cita-cita bersama tanpa memaksakan keinginan individu.Jika ini mampu diterapkan dalam Organisasi maka pola berpikir anggotanya akan sama dalam satu kata/ keinginan “Organisasi diatas Segala2nya.”
Loyalitas akan bangkit Jika Organisasi tersebut :

1. Syarat-Syarat Pendirian Organisasi Dimiliki ( Punya Anggota & Pengurus,Punya AD/ART,Punya Visi & Misi Yang Jelas,Serta Punya Sekretariat )
2. Perekrutan anggotanya betul-betul mapan dengan menerapkan Sistem “ tidak Rela ditinggalkan apalagi meninggalkan.” Sistem ini dipakai oleh semua Organisasi dimana di lakukan system Doktrinisasi ( Ajaran yang diberikan kepada seseorang agar Pola berpikirnya berubah) & melihat kegigihan Peserta lewat ketahanan Fisik & mental.
3. Komunikasi yang terbangun antar anggota dengan anggota serta Anggota & Pengurusnya sangat terbina dengan system kekeluargaan.Komunikasi yang sopan,lancar & kontinyu antar komponen dalam organisasi akan membuat hubungan emosianal kian erat & Setiap masalah-masalah yang muncul akan mampu di ketahui dan dicarikan jalan keluarnya sehingga masalah tersebut tidak menjadi besar/melebar.
4. Setiap anggota/Pengurus betul – betul Menjaga Rahasia organisasi & aturan betul-betul ditegakkan tanpa pandang bulu.Rahasia Organisasi tidak boleh di beritakan kepada Orang yang bukan Anggota Organisasi sebab mereka hanya akan memperkeruh suasana karena mereka tidak tahu /Bukan pelaku dalam masalah tersebut .( Game pengiringan Berita lewat Bisikan & menonton berita langsung setelah itu di infokan ke Orang lain )
5. Adanya kesadaran tiap anggota dengan rela/siap menerima kekurangan masing-masing & tidak sombong dengan kelebihan yang dimiliki.Manusia adalah gudangnya kekurangan tapi dari kekuranganlah sehingga kehidupan di dunia ini berjalan.Agar Persatuan antar komponen dalam Organisasi terbina,maka individu dalam organisasi harus mengerti kekurangan individu & rela menerima satu sama lain serta memberikan kritikan satu sama lain dengan konsep “ memanusiakan manusia sebelum kita dimanusiakan “.Jadikanlah kritikan dari teman sebagai tangga menggapai kesempurnaan.Kelebihan yang kita miliki adalah titik cerah dari Allah yang merupakan titipan,dimana titipan tersebut akan dipertanggung jawabkan.Kelebihan jangan dibanggakan tapi berbagilah dengan teman sebab Harta yang tidak habis dibagi adalah ilmu & Kepintaran seseorang adalah jika Ilmunya diamalkan untuk kebaikan & bermanfaat bagi kehidupan orang lain. ingat konsep Ilmu : “Aku tahu-Kamu tidak tahu,Kamu tahu-Aku tidak Tahu,Kamu & Aku tahu,Kamu & Aku tidak Tahu.

Loyalitas Organisasi akan Nampak dalam Pribadi Yang betul-betul mengerti,mencintai & tidak ingin kehilangan sehingga dia siap berkorban demi Organisasinya serta akan membela mati-matian organisasinya jika di cela/dihina.Dengan cara :
1. Memperlihatkan Organisasinya lewat Pribadinya dengan ucapan & tindakan yang akan membuat orang lain kagum.
2. Mampu memberikan penjelasan jika ada orang lain yang menanyakan Organisasinya
3. Memberikan penjelasan kepada orang yang belum tahu / menghina organisasinya dengan kepala dingin.
4. Jika penjelasan yang diberikan kepada orang lain tidak berhasil maka dia akan meninggalkan tempat itu.
5. Jika orang-orang yang menghina kian menjadi jadi maka kata akhir Loyalitas seutuhnya adalah Angkat Senjata/Tinju ( kekerasan ) dengan prinsip sampai titik darah yang penghabisan.

No comments:

Post a Comment