Friday 9 January 2015

Selayang Pandang Seorang Guru


Sebagai seorang guru, sangat perlu memahami perkembangan peserta didik. Perkembangan peserta didik tersebut meliputi: perkembangan fisik, perkembangan emosional, perkembangan Karakter dan bermuara pada perkembangan intelektual. Perkembangan fisik dan perkembangan karakter mempunyai kontribusi yang kuat terhadap perkembangan intelektual atau perkembangan mental atau perkembangan kognitif siswa.

Pemahaman terhadap perkembangan peserta didik di atas, sangat diperlukan untuk merancang pembelajaran yang kondusif yang akan dilaksanakan. Rancangan pembelajaran yang kondusif akan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga mampu meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang diinginkan. Untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran, dibutuhkan adanya inovasi dalam pembelajaran. Mengingat siswa menyukai sesuatu yang menarik, menyenangkan tetapi  tidak menegangkan, tidak membuat stress sehingga materi yang dipelajari mudah dicerna. Disamping itu pendidik harus mampu menghargai perbedaan gaya belajar siswa, karena siswa yang belajar sesuai dengan gaya belajarnya sendiri akan akan memperoleh hasil belajar yang lebih optimal.

Karena setiap anak memiliki otak yang unik dan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda baik kemampuan, minat dan bakatnya. Sehingga pendidik juga harus mengetahui dan memahami keunikan dan perbedaan yang ada pada setiap siswa. Seorang pendidik harus mampu membuat siswanya kritis, kreatif dan problem solver. Oleh karena itu pentingnya mengetahui karakteristik anak dalam pembelajaran sehingga memudahkan pendidik dalam mengatasi implikasinya.