Sebagai seorang guru, sangat perlu
memahami perkembangan peserta didik. Perkembangan peserta didik tersebut
meliputi: perkembangan fisik, perkembangan emosional, perkembangan Karakter dan
bermuara pada perkembangan intelektual. Perkembangan fisik dan perkembangan
karakter mempunyai kontribusi yang kuat terhadap perkembangan intelektual atau
perkembangan mental atau perkembangan kognitif siswa.
Pemahaman terhadap perkembangan
peserta didik di atas, sangat diperlukan untuk merancang pembelajaran yang
kondusif yang akan dilaksanakan. Rancangan pembelajaran yang kondusif akan
mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga mampu meningkatkan proses
dan hasil pembelajaran yang diinginkan. Untuk meningkatkan proses dan hasil
pembelajaran, dibutuhkan adanya inovasi dalam pembelajaran. Mengingat siswa
menyukai sesuatu yang menarik, menyenangkan tetapi tidak menegangkan, tidak membuat stress
sehingga materi yang dipelajari mudah dicerna. Disamping itu pendidik harus
mampu menghargai perbedaan gaya belajar siswa, karena siswa yang belajar sesuai
dengan gaya belajarnya sendiri akan akan memperoleh hasil belajar yang lebih
optimal.
Karena setiap anak memiliki otak yang
unik dan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda baik kemampuan, minat dan
bakatnya. Sehingga pendidik juga harus mengetahui dan memahami keunikan dan
perbedaan yang ada pada setiap siswa. Seorang pendidik harus mampu membuat
siswanya kritis, kreatif dan problem solver. Oleh karena itu pentingnya
mengetahui karakteristik anak dalam pembelajaran sehingga memudahkan pendidik
dalam mengatasi implikasinya.