Agar
kemampuan bahasa anak dapat optimal, sejak dini akan anak perlu diperkenalkan
dengan lingkungan yang memiliki kemampuan berbahasa yang variatif. Terdapat
dukungan sosial dalam perkembangan bahasa anak yaitu:
a)
Motherese yaitu cara seorang ibu dalam
berkomunikasi dengan bayi, serta dengan kata-kata dan kalimat yang sederhana.
Motherese sulit dilakukan tanpa adanya bayi, tetapi motherese mempunyai peranan
penting dalam mempermudah perkembangan bahasa anak sejak usia dini.
b)
Recasting yaitu membuat frase yang sama
dari suatu kalimat dengan cara berbeda, mungkin dengan cara mengemukakannya
dalam pertanyaan
c)
Echoing yaitu mengulangi apa yang akan
dikatakan kepada kita, terutama jika kata-kata tersebut belum benar.
d)
Expanding yaitu menyatakan kembali apa
yang anak telah katakan kepada kita dengan linguistik yang lebih baik.
Orang
tua dan guru merupakan komponen penting dalam perkembangan bahasa anak,karena
peranannya sebagai model bahasa dan pengoreksi atas kesalahan anak. Jadi
apabila orang tua dan guru dapat berperan aktif , maka anak akan mengalami
perkembangan bahasa yang positif.
Perkembangan
bahasa yang menggunakan model pengekspresian secara mandiri, baik lisan maupun
tertulis dengan mendasarkan pada bahan bacaan akan lebih mengembangkan
kemampuan bahasa anak dan membentuk pola bahasa masing-masing. Dalam penggunaan
model ini guru harus banyak memberikan rangsangan dan koreksi dalam bentuk
diskusi atau komunikasi bebas. Misalnya
Kelas atau kelompok belajar terdiri dari siswa – siswa yang berlainan
variasi bahasanya, baik kemampuannya maupun polanya. Menghadapi hal ini guru
harus mengembangkan strategi belajar – mengajar bidang bahasa dengan
memfokuskan pada potensi dan kemampuan anak.
Pertama anak perlu melakukan pengulangan pelajaran yang telah diberikan
dengan kata – kata dan bahasa yang disusun oleh para siswa sendiri. Dengan
demikian, guru dapat melakukan identifikasi tentang pola dan tingkat kemampuan
bahasa siswa – siswanya. Kedua, berdasar hasil identifikasi itu, guru melakukan
pengembangan bahasa lingkungan yang telah dipilih secara tepat dan benar oleh
guru.
Dan
yang paling penting adalah ketika seorang pendidik sedang mengajar kepada
peserta didik gaya bahasa yang digunakan itu mudah dipahami sehingga peserta
didik tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diberikan.Selain
itu, sarana perkembangan bahasa seperti buku-buku, surat kabar, majalah, dan
lain-lain hendaknya disediakan di sekolah maupun di rumah.